FIA |
Kepastian Hyundai menjadi juara WRC 2019 setelah memenangkan reli Catalunya, Spanyol, pada Oktober 2019. Reli Catalunya sebenarnya bukan seri terakhir WRC. Namun karena Australia sebagai tuan rumah seri terakhir dilanda kebakaran semak akhirnya Reli Catalunya yang jadi seri final.
Keberhasilan Hyundai juara WRC 2019 ini menjadikan WRC dua musim berturut-turut dikuasai pabrikan mobil Asia. Tahun 2018 adalah Toyota yang berhasil juara pabrikan setelah 18 tahun absen di ajang reli dunia tersebut.
Hyundai yang memakai nama Hyundai Motorsport (Hyundai Shell Mobis WRT), dan mengandalkan i20 Coupe menjadi tim keempat dari Asia yang juara pabrikan di WRC.
Lalu siapa sajakah tiga tim lainnya? Yuk, mari simak!
Toyota
Semenjak ikut reli dunia pada 1972, Toyota baru pertama kali menjadi juara pabrikan pada medio 90-an. Toyota yang waktu itu memakai nama Toyota Team Europe dua kali juara berturut-turut pada 1993 dan 1994.
Kemunculan kembali Toyota ini tidak lagi memakai nama Toyota Team Europe atau Toyota Motorsport, tetapi memakai nama Toyota Gazoo Racing WRT, yang bukan bagian dari Toyota Motorsport.
Autosport |
Mitsubishi
wrcwings.tech |
Semenjak berpartisipasi di ajang reli dunia pada dekade 70-an, Mitsubishi dengan nama Mitsubishi Ralliart baru sukses juara pabrikan pada musim 1998.
Tentu mobil yang diandalkan waktu itu adalah Lancer Evolution V, yang punya kemampuan turbo. Mobil ini bersaing dengan Toyota Corolla kala itu.
Subaru
Flickr |
Tidak tanggung-tanggung Subaru yang merupakan produksi Subaru Corporation ini juara pabrikan selama tiga musim berturut-turut, 1995, 1996, 1997.
Subaru yang memakai nama Subaru World Rally Team, dan identik dengan warna biru serta tulisan 555 di bodi mobil mengandalkan Impreza sebagai jagoan untuk bisa juara pabrikan.
Prestasi ini merupakan hal yang mengagumkan bagi sebuah pabrikan mobil Jepang setelah debut pada 1980.
0 komentar:
Posting Komentar