Pages

Sabtu, 21 Desember 2019

Hyundai dan 3 Pabrikan Asia Lainnya yang Pernah Juara WRC

FIA
Hyundai untuk pertama kali juara pabrikan reli dunia atau WRC pada musim 2019 ini. Ini merupakan prestasi terbesar pabrikan otomotif asal Korea Selatan tersebut sejak membalap di WRC pada 2000.

Kepastian Hyundai menjadi juara WRC 2019 setelah memenangkan reli Catalunya, Spanyol, pada Oktober 2019. Reli Catalunya sebenarnya bukan seri terakhir WRC. Namun karena Australia sebagai tuan rumah seri terakhir dilanda kebakaran semak akhirnya Reli Catalunya yang jadi seri final.

Keberhasilan Hyundai juara WRC 2019 ini menjadikan WRC dua musim berturut-turut dikuasai pabrikan mobil Asia. Tahun 2018 adalah Toyota yang berhasil juara pabrikan  setelah 18 tahun absen di ajang reli dunia tersebut.

Hyundai yang memakai nama Hyundai Motorsport (Hyundai Shell Mobis WRT), dan mengandalkan i20 Coupe menjadi tim keempat dari Asia yang juara pabrikan di WRC.

Lalu siapa sajakah tiga tim lainnya? Yuk, mari simak!

Toyota

Pinterest
Penggemar WRC sudah pasti akrab dengan nama Toyota yang memang jago reli. Nama-nama produk seperti Celica dan Corolla tentulah menjadi mobil-mobil legendaris pabrikan asal Jepang ini.

Semenjak ikut reli dunia pada 1972, Toyota baru pertama kali menjadi juara pabrikan pada medio 90-an. Toyota yang waktu itu memakai nama Toyota Team Europe dua kali juara berturut-turut pada 1993 dan 1994.

Pinterest
Sempat didera masalah akibat sanksi dari FIA terkait dengan pembatas udara ilegal pada 1995, Toyota kemudian kembali pada 1998, dan juara pabrikan tahun berikutnya. Setelah itu Toyota absen, dan baru muncul lagi pada 2017.

Kemunculan kembali Toyota ini tidak lagi memakai nama Toyota Team Europe atau Toyota Motorsport, tetapi memakai nama Toyota Gazoo Racing WRT, yang bukan bagian dari Toyota Motorsport.

Autosport
Mobil yang dipakai bukan lagi Celica dan Corolla, melainkan Yaris yang dihomologasi menjadi garang hingga sukses juara pabrikan pada 2018.

Mitsubishi

wrcwings.tech
Mitsubishi bagi penggemar WRC identik dengan warna merah yang menyelimuti bodi mobil. Warna greng tersebut sesuai dengan warna lambang pabrikan otomotif asal Jepang ini yang berbentuk tiga berlian.

Semenjak berpartisipasi di ajang reli dunia pada dekade 70-an, Mitsubishi dengan nama Mitsubishi Ralliart baru sukses juara pabrikan pada musim 1998.

Tentu mobil yang diandalkan waktu itu adalah Lancer Evolution V, yang punya kemampuan turbo. Mobil ini bersaing dengan Toyota Corolla kala itu.

Subaru

Flickr
Pabrikan ketiga dari Asia yang juara pabrikan WRC sebelum Hyundai adalah Subaru. Pabrikan asal Jepang dengan logo oval horizontal dan ada bintang-bintang di dalamnya ini sukses juara pada dekade 90-an.

Tidak tanggung-tanggung Subaru yang merupakan produksi Subaru Corporation ini juara pabrikan selama tiga musim berturut-turut, 1995, 1996, 1997.

Subaru yang memakai nama Subaru World Rally Team, dan identik dengan warna biru serta tulisan 555 di bodi mobil mengandalkan Impreza sebagai jagoan untuk bisa juara pabrikan.

Prestasi ini merupakan hal yang mengagumkan bagi sebuah pabrikan mobil Jepang setelah debut pada 1980.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran