Pages

Selasa, 04 September 2018

Cara Menghadapi Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris


Wawancara kerja merupakan proses yang harus dilakukan oleh para pencari atau pelamar kerja. Tujuan wawancara kerja adalah untuk melihat kelayakan para pelamar kerja yang hendak melamar posisi yang tersedia di perusahaan tersebut. Ibarat audisi di ajang pencarian bakat, wawancara kerja adalah ajang bagi para pelamar kerja untuk menunjukkan kemampuannya terutama yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Apabila dalam wawancara kerja seorang pelamar kerja mampu menunjukkan kemampuannya dan membuat para perekrut terkesan, itu berarti sang pelamar kerja akan direkrut, dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut, dengan kemudian menegosiasikan gaji. Namun, apabila para pelamar tidak mampu, hal yang sebaliknya akan berlaku.

Hasil gambar untuk english interview
edX Blog
Dan sudah merupakan hal umum jika wawancara kerja kebanyakan dalam bahasa Indonesia. Hal ini merupakan semacam kemudahan karena akan diwawancara dalam bahasa sendiri. Namun bagaimana jika wawancara dalam bahasa Inggris?
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui hal berikut. Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang sudah mengglobal alias mayoritas orang di seluruh dunia akan menggunakan bahasa ini untuk keperluan bisnis, perdagangan, dan hiburan. Itu artinya semua orangsudah mengetahui bahasa Inggris meskipun kenyataannya hanya sedikit yang bisa menggunakan atau memahami bahasa ini. Kenyataan inilah yang terkadang membuat mereka merasa bahasa Inggris menjadi beban atau penghalang ketika ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.
Memang beberapa perusahaan seperti perusahaan asing atau agen perekrutan kapal pesiar mewajibkan para pelamar untuk bisa berbahasa Inggris mengingat para pelamar kerja ketika diterima akan menghadapi rekan kerja, atasan, atau klien yang berlainan negara, bangsa, atau negara. Dengan kata lain, bahasa Inggris merupakan suatu keharusan.
Sederhananya, wawancara dalam bahasa Inggris mempunyai metode yang sama seperti wawancara bahasa Indonesia. Hanya berganti bahasa. Meski begitu tetap saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya wawancara bahasa Inggris berjalan lancar dan sukses.

 Hasil gambar untuk interview etiquette
STJobs
1.      Etika
Sebagaimana halnya wawancara dalam bahasa Indonesia, tentulah untuk datang ke tempat wawancara serta menemui pewawancara harus mengucapkan salam dalam bahasa Inggris seperti “good morning” sembari tersenyum. Dan ketika wawancara perlihatkan etika sebagai seorang pelamar dengan tidak menaruh tangan di atas meja, dan mata terus menatap ke pewawancara sebagai bukti pelamar serius dalam wawancara.
2.      Menjawab pertanyaan
Hal ini yang paling terpenting. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dari para perekrut dengan mudah dan dapat dipahami dengan jelas. Karena itu, supaya bisa memahami, satu hari sebelum wawancara luangkan waktu untuk berselancar di internet cara menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam bahasa Inggris dengan benar. Tentu saja pertanyaan-pertanyaan yang diajukan akan berkaitan dengan latar belakang si pelamar kerja beserta pengalaman dan kelebihan serta bidang yang dilamar.

Hasil gambar untuk english vocab
Quora
3.      Kosakata
Untuk bisa menjawab semua itu tentu para pelamar harus memperbanyak kosakata bidang yang akan dilamar. Dengan memperbanyak kosakata akan mempermudah si pelamar menjelaskan sesuatu yang diajukan pewawancara. Begitu juga pewawancara akan merasa terbantu dalam menilai potensi si pelamar.
4.      Akhiri dengan senyuman
Apabila awal wawancara dimulai dengan senyuman, begitu juga dengan akhir wawancara. Lalu ucapkanlah kalimat “Thank you so much for the interview” atau “Thank you so much for giving me a time”, dan akhiri dengan kalimat “have a nice day” sembari tetap tersenyum. Lakukanlah ini meskipun hasilnya bagus atau sebaliknya.
Demikianlah beberapa cara menghadapi wawancara dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran