Pages

Minggu, 09 September 2018

Delapan Persamaan Amerika Serikat dan Brasil

Amerika Serikat dan Brasil adalah dua negara sama-sama terletak di benua Amerika. Yang satu terletak di Amerika Utara sedangkan yang satunya lagi terletak di Amerika Selatan. Apabila Amerika menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, Brasil menggunakan bahasa Portugis. Kondisi keduanya begitu kontras. Amerika merupakan negara maju sedangkan Brasil negara berkembang yang kemungkinan besar bakal menjadi negara maju. Begitu juga dengan kehidupan di kedua negara. Amerika Seikat merupakan negara yang menerapkan hidup tidak santai, dengan terus bergerak selama 24 jam sedangkan Brasil adalah negara yang kehidupannya begitu santai, dengan hedonisme di atas segala-galanya. Jadi jangan heran apabila orang Amerika begitu menghargai waktu dengan selalu tepat waktu datang ke kantor dan mengadakan pertemuan sementara orang Brasil malah mengabaikan hal tersebut, dan boleh dibilang sering ngaret.
Thought from Brasilia



Meski begitu keduanya mempunyai delapan  persamaan dalam beberapa hal. Apa sajakah itu?

Sama-sama negara terbesar dengan jumlah penduduk terbanyak
quora


Amerika Serikat adalah negara terbesar di Amerika Utara. Luasnya adalah 9.147.590 kilometer persegi. Sedangkan Brasil adalah negara terbesar di Amerika Selatan, dengan luas 8. 515. 767 kilometer persegi. Selain itu, keduanya adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, dan masuk 5 besar. Amerika Serikat di peringkat 3 sedangkan Brasil di peringkat 5.

Sama-sama berbentuk republik federal
Layout


Bentuk pemerintahan AS adalah republik federal yang dikepalai dan diperintah oleh seorang presiden. Dalam republik federal ini terdapat parlemen bernama Congress yang terdiri atas Senate dan House of Representatives. Dan di bawahnya lagi terdapat kepala-kepala pemerintahan federal yang mengelapai negara-negara federal yang berjumlah 50 negara bagian dan satu distrik federal. Begitu juga di Brasil. Kepala negara dan pemerintahan adalah presiden, dengan parlemen bernama Congress Nasional do Brasil yang terdiri dari Senado Federal dan Câmara dos Deputados. Di bawah lembaga-lembaga eksekutif ini terdapat kepala-kepala federal yang mengepalai 26 negara bagian dan 1 distrik federal.

Sama-sama mempunyai ibu kota dan metropolitan yang berbeda
Canva


Maksudnya adalah ibu kota dan kota metropolitan berada di dua kota yang berbeda. AS beribu kota di Washington, yang juga merupakan distrik federal, dan menjadi ibu kota Negeri Paman Sam sejak 1800. Sedangkan kota metropolitan dan yang juga terbesar adalah New York, yang pernah menjadi ibu kota AS dalam kurun waktu 5 tahun, yaitu 1785 hingga 1990. Tentu saja pemisahan fungsi ini lebih untuk menertibkan administrasi pemerintahan dan perdagangan sehingga mudah diawasi. Brasil juga demikian. Ibu kota Negeri Samba adalah Brasilia yang berlokasi di tengah-tengah Brasil, dan menjadi ibu kota sejak 1960 menggantikan ibu kota sebelumnya, Rio de Janeiro yang merupakan kota terbesar dan terpadat di Brasil, dan menjadi ibu kota Brasil sejak merdeka pada 1822 dari Portugal.

Sama-sama mempunyai patung terbesar dan ikonik
Freakingnews


Yang dimaksud adalah patung Liberty dan Cristo Redentor. Patung Liberty merupakan patung yang begitu terkenal di Amerika dan dunia. Patung ini terletak Pulau Liberty, New York. Patung ini didesain oleh perupa asal Prancis, Frédéric Auguste Bartholdi dan dibangun oleh arsitek Menara Eiffel, Gustavo Eiffel. Patung ini dibangun sebagai simbol kebebasan dan merupakan hadiah simbolis dari Prancis ke Amerika. Patung Liberty sendiri dibuka untuk umum pada 28 Oktober 1886. Hingga hari ini, patung berwujud wanita bernama Libertas, dewi kebebasan dalam mitologi Romawi itu, ramai dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi utama di Amerika. Patung Liberty merupakan salah satu warisan dunia UNESCO.

Sedangkan Cristo Redentor atau dalam bahasa Indonesianya, Yesus Sang Penebus, merupakan patung ikonik dan terbesar di Brasil yang terletak di Gunung Corcovado yang menghadap ke Rio de Janeiro. Patung yang menggambarkan Yesus sedang menebus dosa ini dibangun lewat kerja sama seniman dari 3 negara, yaitu Brasil, Prancis, dan Rumania. Ia dibangun sebagai salah satu tujuan wisata di Brasil dan sebagai simbol perdamaian. Cristo Redentor dibuka untuk umum pada 12 Oktober 1931. Sampai hari ini, Cristo Redentor merupakan salah tujuan wisata di Brasil, dan masuk salah satu warisan dunia UNESCO.

Sama-sama rumah terbesar bagi imigran

Layout

Meskipun Amerika Serikat dan Brasil dibangun oleh orang-orang Eropa, dalam perkembangannya kedua negara ini membuka pintu lebar-lebar imigrasi dari berbagai benua. Tak mengherankan jika komposisi masyarakat kedua negara begitu beragam seperti halnya pot peleburan. Dan tentu saja di antara imigran-imigran adalah imigran kulit hitam atau diaspora Afrika. Hingga hari ini kedua negara merupakan rumah terbesar bagi para diaspora Afrika. Amerika Serikat memilki 46.350.467 orang sedangkan Brasil 55.900.000. Kebanyakan para diaspora Afrika ini mempunyai eksistensi di bidang musik dan olahraga, dan berperan besar dalam kesuksesan kedua negara di bidang-bidang tersebut. Nama-nama seperti Jay Z, Beyonce, Michael Jackson, Michael Johnson, Michael Jordan, Le Bron James, Ronaldinho, Robinho, Neymar, Seu Jorge, Djavan, Neguinha da Beja-Flor adalah sederet nama-nama diaspora Afrika yang cukup terkenal dan berpengaruh di kedua negara.

Sama-sama kuat di olahraga andalan masing-masing
Canva


Amerika Serikat dan Brasil adalah dua negara Amerika dan dunia yang punya kekuatan di olahraga utama. Amerika Serikat sendiri begitu kuat di bola basket yang notabene berasal dari Negeri Paman Sam. Gelar 17 medali Olimpiade, 5 gelar juara Piala Dunia FIBA, dan 9 gelar juara Piala FIBA Amerika adalah bukti-buktinya. Selain itu, AS sendiri mempunyai liga bola basket utama yang begitu kondang di seluruh dunia, NBA.

Sedangkan Brasil begitu kuat di sepak bola, olahraga yang kurang terkenal di AS. Gelar 5 kali juara Piala Dunia FIFA, 8 gelar juara Copa Amerika, 4 gelar Piala Konfederasi, dan 1 gelar Olimpiade menjadi bukti kuatnya Negeri Samba dalam permainan si kulit bundar. Saking populernya sepakbola di Brasil, negara itu mendapat julukan Tanah Sepak Bola meskipun dalam kenyataannya sepak bola berasal dari Eropa. Namun, tidak seperti AS yang menjadi pusat basket karena NBA, tidak demikian dengan Brasil. Liga sepak bola di Brasil bernama Serie A Brasil namun banyak pemain Brasil malah merantau ke Eropa karena urusan perut dan finansial yang menjanjikan. Jadilah liga dalam negeri begitu sepi.

Sama-sama merdeka dari penjajahan melalui perang
layout


Baik Amerika Serikat maupun Brasil sama-sama merdeka melalui hasil pemberontakan dan peperangan yang melibatkan seluruh elemen untuk melepaskan diri dari penjajahan. Semua berawal dari kedatangan orang-orang kulit putih yang datang ke tanah baru untuk mencari penghidupan yang lebih layak dari sebelumnya.

Amerika sendiri adalah koloni Inggris yang terdiri dari 13 koloni yang kemudian melawan Inggris dan membentuk pemerintahan sendiri pada 4 Juli 1776. Setelah kemerdekaan itu tidak lantas membuat AS bisa tenang karena bagaimana pun Inggris masih berupaya tidak mengakui kemerdekaan AS yang dibantu Prancis serta berusaha menggagalkannya. Sehingga terjadilah perang mempertahankan kemerdekaan.

Hal yang sama juga terjadi di Brasil. Sebagai koloni terbesar Portugis di dunia, Brasil menyumbangkan banyak devisa berupa komoditas seperti gula. Akan tetapi pembagian yang tidak merata dan melemahnya Portugis pada akhir abad ke-18 yang ditandai dengan masuknya Prancis ke negara itu, membuat beberapa pihak di Brasil memutuskan untuk melepaskan diri dan membentuk negara sendiri. Ketika Portugis tahu hal itu, mereka berupaya meredam dengan memberikan status khusus kepada Brasil dalam Kerajaan Bersatu Portugal, Brasil, dan Algarve. Namun semua itu tidak berhasil sehingga Brasil melepaskan diri dan merdeka pada 7 September 1822. Portugis tidak terima dan berupaya menggagalkan kemerdekaan itu sehingga terjadilah perang mempertahankan kemerdekaan, yang dalam hal ini Brasil dibantu oleh Inggris.

Sama-sama mempunyai militer yang kuat
defense.gov


Semua sudah tahu jika AS adalah negara dengan militer terkuat di dunia. Posisi Negara Paman Sam berasa di nomor satu diikuti oleh Rusia dan Cina. Posisi ini juga menjadikan militer AS terkuat di Amerika Utara. Dominasi militer AS ini diperoleh setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. AS yang tidak terdampak kehancuran massal sewaktu perang membantu para sekutunya dengan Marshall Plan, yang tentu saja disusupi kepentingan Paman Sam. Posisi AS ini seolah menggantikan Inggris sebagai kekuatan kolonial di dunia lama. Hingga hari ini kita mengetahui melalui kekuatan media bahwa AS masih merupakan negara dengan militer terkuat di dunia.

Bagaimana dengan Brasil? Jika melihat komposisi penduduknya, Brasil juga termasuk yang mempunyai kekuatan militer terkuat tentunya untuk Amerika Selatan. Posisi Brasil di peringkat militer dunia adalah di nomor 14.

Meskipun begitu, Brasil berpotensi masuk jajaran 10 besar jika melihat peningkatan kekuatan militer Negeri Samba dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi Brasil sudah mulai bisa memproduksi peralatan militernya sendiri yang beberapa diekspor ke negara-negara lain.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran