Pages

Selasa, 31 Maret 2020

Imbas Corona, 4 Turnamen Olahraga Akbar ini Harus Ditunda!

Corona Ubah Nasib Tahun Ganjil 'di Mata' Olahraga Dunia
CNN Indonesia via AFP

Akibat mewabahnya Corona dengan sangat cepat dan massif, banyak turnamen olahraga akbar yang sedianya digelar pada 2020 harus ditunda atau diundur.

Turnamen-turnamen akbar ini biasanya digelar di tahun genap, dan dilaksanakan sebulan seperti halnya Piala Dunia.

Tentu saja penundaan penyelenggaraan even ini dari sisi finansial dan sponsorship agak merugikan. Apalagi, rata-rata digelar pada musim panas, musim liburnya orang-orang di belahan bumi utara.

Lalu turnamen-turnamen apa saja yang mau tidak mau harus ditunda demi keselamatan fans? Yuk, mari kita simak!

Piala Eropa 2020


UEFA Euro 2020 Logo.svg
Wikipedia
Kompetisi sepak bola antarnegara Eropa ini menjadi turnamen olahraga yang harus ditunda pelaksanaannya akibat pandemik Covid-19.

UEFA sebagai penyelenggara memutuskan menunda turnamen 4 tahunan itu mengingat sangat tidak mungkin menghelatnya di saat banyak kompetisi liga Eropa untuk sementara dihentikan.

Liga-liga yang kompetisinya untuk sementara dihentikan karena virus Corona itu tentu harus mempunyai banyak waktu bagi para pemainnya dalam melakukan recovery.

Apabila melihat dari jadwal yang sudah ada, yaitu pada 12 Juni hingga 12 Juli sangatlah tidak masuk akal menyelenggarakan Piala Eropa apabila kompetisi bisa dilanjutkan pada akhir Mei atau awal Juli dengan catatan wabah Corona sudah berakhir.

Akhirnya, untuk meredakan hal tersebut, UEFA pun memutuskan mengadakan turnamen pada pertengahan 2021 (11 Juni-11 Juli) namun tetap dengan nama yang sama, EURO 2020.

Hal itu untuk menandakan spesialnya turnamen tersebut yang bertepatan dengan ulang tahun Federasi Sepak Bola Eropa , dan akan diselenggarakan di 12 negara Benua Biru.

Olimpiade 2020

2020 Summer Olympics logo new.svg
Wikipedia
Tidak hanya Piala Eropa, Olimpiade pun kena imbasnya. Sedianya turnamen multieven empat tahunan itu akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada  24 Juli hingga 9 Agutus.

Awalnya, IOC sebagai penyelenggara bersikukuh bahwa Olimpiade musim panas ini tetap bisa digelar sesuai jadwal.

Namun semakin meluasnya wabah Corona yang juga berdampak pada beberapa pembatalan test event membuat ajang yang selalu dikuasai AS itu harus ditunda hingga 2021.

Supaya jadwalnya tidak bentrok dengan Piala Eropa yang terlebih dahulu sudah mengumumkan penundaan, diputuskan turnamen dilaksanakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Copa America 2020

2020 Copa América logo.svg
Wikipedia
Turnamen akbar olahraga lain yang juga harus ditunda pelaksanaannya karena Corona adalah Copa America yang sedianya akan dilaksanakan di Argentina dan Kolombia pada  12 Juni-12 Juli 2020.

Sebenarnya Copa America yang merupakan turnamen sepak bola negara-negara Amerika Latin ini biasanya diadakan di tahun ganjil.

Penyelenggaraan pada 2020 untuk menandakan bahwa selanjut-lanjutnya turnamen ini akan diadakan pada tahun genap sekaligus menyaingi Piala Eropa.

Memang dari  segi ketenaran turnamen ini kalah pamor dari Piala Eropa sehingga penyelenggaraan yang bersamaan akan membuat rating turnamen menjadi naik dan bersaing.

Copa America sendiri akhirnya akan dilaksanakan pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021, dan tanggal tersebut bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Eropa.

Piala Thomas dan Uber 2020

2020 Thomas & Uber Cup logo.png
Wikipedia
Turnamen olahraga lain yang juga terkena imbas Corona adalah Piala Thomas dan Uber 2020, kejuaraan bergengsi bulu tangkis dunia.

BWF sebagai operator turnamen dua tahunan itu memutuskan menunda penyelengaraan yang sedianya dilaksanakan pada 16 hingga 24 Mei 2020 ke 15 hingga 23 Agustus 2020 di Aarhus, Denmark.

Sebelum menunda ajang yang merupakan jualan utamanya ini, BWF telah menunda beberapa turnamen kecil yang mempunyai lisensi badan bulu tangkis dunia tersebut seperti Swiss Open, India Open, dan Malaysia Open.

Bagaimana dengan PON 2020 dan Piala AFF 2020?


Itulah turnamen-turnamen olahraga yang harus ditunda pelaksanaannya pada 2020 ini akibat mengganasnya wabah Corona di seluruh dunia.

Penundaan turnamen-turnamen internasional  tersebut tentunya akan membuat banyak orang bertanya-tanya mengenai PON 2020 dan  Piala AFF 2020.

Apakah keduanya juga akan bernasib sama?

Untuk PON 2020 yang rencananya digelar di Papua pada  20 Oktober hingga 2 November menurut Menpora Zainuddin Amali tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal.

Namun, wabah Corona yang menggila sejak awal Maret ini tentunya membuat banyak pihak untuk meminta pemerintah menunda ajang olahraga provinsi empat tahunan tersebut.

Wapres Ma’ruf Amin meminta PON 2020 ditunda apabila wabah Corona semakin merajalela. Hal senada diungkapkan oleh Nasim Khan, anggota DPR dari F-PKB dan Edgar Xavier Marvelo, atlet wushu peraih dua medali emas SEAgames 2019.

Sementara untuk Piala AFF yang rencananya digelar pada 23 November hingga 31 Desember alias di pengujung tahun akan tetap sesuai rencana.

Demikian hal tersebut diungkapkan oleh Presiden AFF , Khiev Sameth seperti dilansir dari Kumparan. Meski begitu, AFF akan tetap memantau dan melihat situasi yang akan memungkikan pengunduran apabila Corona tetap berlanjut.

Semoga saja virus Corona segera berakhir, dan turnamen olahraga akbar yang ditunda pelaksanaannya demi nyawa manusia tidak kehilangan greget dan gengsinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran