Pages

Sabtu, 28 Maret 2020

Tagihan Listrik Jebol Saat WFH? Ini 5 Cara Menyiasatinya!



Matthew Henry via Burst
Tagihan listrik jebol saat WFH? Hal itulah yang kini banyak dikhawatirkan oleh masyarakat ketika harus bekerja dari rumah akibat dari mewabahnya virus Corona di Indonesia sejak 2 Maret 2020.

Ya, bagaimana tidak dengan bekerja dari rumah otomatis semua hal untuk menunjang pekerjaan harus dioptimalkan termasuk penggunaan listrik, baik untuk laptop maupun hp untuk pengisian ulang.

Belum lagi untuk penggunaan lain seperti AC, kipas angin, serta semua alat yang memang harus menggunakan listrik.

Hal-hal inilah yang menjadi momok ketika di akhir bulan tagihan malah membengkak luar biasa sehingga membuat kepala pusing tujuh keliling.

Sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir hingga berlebihan mengenai hal tersebut asalkan bisa menyiasatinya.

Seperti apa cara menyiasatinya? Yuk, simak di bawah ini!

Cara Menyiasati Tagihan Listrik Jebol


Gunakan Laptop dan Hp yang stand by cukup lama

laptop dan hp standy lama
Matthew Henry via Burst
Karena laptop dan hp merupakan unsur utama dalam WFH, usahakan memilih kedua alat elektronik tersebut yang punya daya tahan lama setelah di-charge.

Sekarang ini banyak sekali laptop yang punya kemampuan stand by sampai 10 jam.  Begitu juga dengan hp yang karena kapasitas baterainya besar bisa tahan hingga 526 jam.

Dengan memilih alat-alat elektronik seperti itu, kita tak perlu khawatir lagi mengenai bayangan tagihan listrik akan membengkak.

Gunakan AC dan kipas angin seperlunya

AC dan kipas angin seperlunya
Galvao Menacho via Pexels
Buat kamu yang punya AC dan kipas angin di dalam rumah sebaiknya mulai gunakan mereka seperlunya saja, yaitu apabila ruangan sudah dirasa pengap dan panas.

Apabila rumah kamu ada ruangan yang dapat dilewati angin dengan jumlah besar, ada baiknya kamu mengerjakan pekerjaan kantor di situ dengan laptop yang memang portabel.

Toh, dengan begini kamu malah dapat menghemat listrik sehingga di akhir bulan tidak perlu terkaget-kaget kala melihat tagihan.

Upayakan bekerja di outdoor atau kamar yang dapat banyak sinar matahari

Outdoor untuk menghemat listrik
Tirachard Kumtanom via Pexels
Nah, ini juga termasuk cara yang efektif untuk menyiasati tagihan listrik jebol, yaitu bekerja di luar ruangan atau outdoor.

Apabila rumah kamu punya halaman depan atau belakang serta punya halaman di tingkat rumah, sebaiknya gunakan saja untuk WFH.

Sebab, di luar ruangan itu kamu bisa mengandalkan sinar matahari untuk penerangan yang alami sehingga kamu tidak perlu menyalakan lampu di siang hari.

Selain luar ruangan, kamu juga bisa menggunakan penerangan dari sinar matahari dari kamarmu yang dibuat supaya sinar matahari banyak masuk di kala siang.

Gunakan lampu LED portabel

lampu led portabel
Ola Dapo via Pexels
Lalu bagaimana kalau rumah kamu tidak seperti itu? Cara yang paling tepat adalah kamu dapat menggunakan lampu LED hemat energi dan portabel.

Karena portabel lampu ini bisa kamu letakkan sesuai keinginan kamu ketika bekerja di rumah. Bentuknya pun bermacam-macam. Ada yang bulat dan kotak.

Nah, dengan begini kamu tidak perlu menyalakan lampu di kamar atau rumahmu seharian penuh sehingga tidak jantungan kala di akhir bulan.

Matikan dan jangan gunakan alat-alat yang tidak perlu

hemat energi
Ready Made via Pexels
Ketika kamu WFH, otomatis alat-alat elektronik yang akan terus-menerus bersamamu adalah laptop dan hp.

Karena itu, jangan sekali-kali kamu menyetel alat-alat lain yang tidak ada hubungannya seperti televisi dan radio.

Supaya kamu tidak bete, kamu bisa melihat dan mendengarkannya di laptop dan hpmu dengan cara streaming.

Namun, untuk hal ini kamu juga perlu ingat mengenai kuota data yang ada. Jangan sampai kamu keasyikan, kamu lupa dengan pekerjaanmu lalu mendapati kuota habis, dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan.

Kesimpulan


Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari tagihan listrik jebol ketika WFH, dan mudah dilakukan.

Semoga kamu tetap dapat menikmatinya, dan siap mengingat WFH tentu berbeda dari WFO yang semuanya ditanggung kantor.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran