Pages

Minggu, 23 Desember 2012

Tanah Tumpah Darahku, Marilah Kita Bersatu, Berseru, dan Maju


Tanggal 28 Oktober 1928, suara alunan merdu biola mengalun memasuki telinga mereka yang berada dekat dengan biola tersebut. Alunan merdu namun juga patriotik itu nampak begitu mengena bagi mereka yang mendengarkannya. Aroma kebangsaan pun terpancar, dan sejalan dengan keinginan mereka, para pemuda, yang menginginkan Indonesia merdeka dalam banyak suku namun dalam satu payung. Meski Pemerintah Kolonial Belanda melarang yang dibiolakan dinyanyikan, tetapi gesekan itu tetap membuat mereka bersemangat, dan yakin suatu saat apa yang sesuai dengan isi lagu itu, Indonesia Raya, terwujud.

Tujuh belas tahun kemudian, bertepatan pada tanggal yang sama, dan juga saat sebagian besar muslim menjalankan ibadah puasa, kembali Indonesia Raya dinyanyikan, menjadi pelengkap proklamasi yang dibacakan Sukarno. Lagu itu menjadi saksi bagaimana Indonesia merdeka. Lepas dari penjajahan ratusan tahun, seperti yang dikatakan Sukarno sebelumnya ketika hendak membacakan proklamasi.

Semenjak itulah Indonesia Raya terus dikumandangkan. Menjadi lagu kebangsaan dari Sabang hingga Merauke. Menjadi lagu yang tidak hanya dinyanyikan ketika pada acara kenegaraan semata, tetapi pada acara yang membawa nama bangsa, terutama di bidang olahraga. Lihat saja, ketika ada pertandingan sepak bola melibatkan tim nasional Indonesia, semua sontak bernyanyi. Bersemangat. Meresapi, bahkan hingga menangis. Indonesia Raya menjadi sebuah sihir bagi mereka yang menyanyikan. Di dalamnya seperti ada sebuah lirik yang sungguh patriotik. Apalagi jika berhadapan dengan negara jiran yang sering menjadi lawan dalam segala hal, Malaysia.

Berbicara Malaysia, yang selalu bercirikan hate-love relationship dengan Indonesia, memang tidak akan ada habisnya. Konflik sering terjadi. Bukan hanya dalam bentuk fisik tetapi juga mental. Tetapi, rasanya bosan juga membicarakan konflik dengan negara serumpun ini. Saya toh menulis ini bukan untuk membahas konflik, tetapi membahas adanya persamaan lirik antara Indonesia Raya dan Negaraku, lagu kebangsaan Malaysia.

Soal Negaraku sempat mencuat hangat 3 tahun lalu kala Malaysia dituduh mencontek lagu Terang Boelan yang sempat populer pada 1950-an. Ini dikarenakan adanya kemiripan antara dua lagu, terutama dari nadanya. Padahal, jika ditelusuri lagi, Terang Boelan juga merupakan contekan dari Malayan Moon.

Pada lirik Negaraku, saya menangkap sesuatu yang menurut saya sama dengan Indonesia Raya, terutama pada bait ke-2. Di situ terdapat lirik “Tanahnya tumpah darahku” yang menurut saya identik dengan “Tanah tumpah darahku”. Apakah Malaysia menjiplak lirik itu? Menurut saya pribadi, tidak. Pencipta lagu Negaraku yang yang multi pasti terinsiprasi oleh lirik dalam Indonesia Raya.

Bukan hanya Malaysia, negeri jiran lainnya yang serumpun, Singapura juga demikian. Lagu Majulah Singapura memiliki kemiripan lirik dengan Indonesia Raya. Hanya saja sedikit berbeda liriknya. Lirik “Marilah kita bersatu” hampir pasti mirip dengan “Marilah kita berseru”. Singapura menjiplak? Menurut saya, juga tidak. Pencipta lagu ini, Zubir Said –yang punya hubungan darah dengan artis Nirina Zubir--- adalah orang Minangkabau yang sebelumnya berwarga negara Indonesia, yang kemudian pindah ke Singapura. Sudah pasti ia terinspirasi Indonesia Raya.

Ingat! Di kawasan Nusantara ---jika merunut pada kekuasaan Majapahit--- Indonesia merupakan negara yang pertama kali merdeka dari penjajahan. Tentu lagu Indonesia Raya yang disertakannya juga didengar orang-orang Melayu di luar Indonesia. Mereka pun mengerti, dan seperti saya bilang tadi, terinspirasi ketika hendak menciptakan saat negaranya merdeka.  Namun ada yang perlu dicatat juga. Baik Indonesia, Malaysia, dan Singapura juga menggunakan kata “maju”. Hanya tersusun dari 4 kata tetapi sepertinya ampuh. Entah karena kata “maju” dalama Indonesia Raya tersembunyi sebab berada pada stanza 3, sehingga semua orang tidak mengetahui, atau karena rakyat di negeri ini tidak memahami apa itu kata “maju", kenyataannya malah dua negara jiran itu yang maju. Hm...

1 komentar:

  1. Zeusbola menyediakan 12 Pasar Lottery resmi untuk pemain sebagai berikut:

    ☻CAMBODIA POOLS
    ☻HONGKONG POOLS
    ☻MAGNUM4D POOLS
    ☻MASSACHUSETTS EVENING POOLS
    ☻MASSACHUSETTS MID DAY POOLS
    ☻MEKONG POOLS
    ☻NEW JERSEY EVENING POOLS
    ☻NEW JERSEY MID DAY POOLS
    ☻SINGAPORE POOLS
    ☻TAIWAN POOLS
    ☻TOTO MACAU
    ☻SYDNEY POOLS

    dan pastinya Zeusbola menyediakan promosi spesial untuk pemain Zeusbola yaitu
    ♥Hadiah 2D Angka Terbalik
    ♥Bonus Referral 1%
    ♥Bonus Cashback 10%
    ♥Bonus New Member 10%
    ♥Bonus Deposit 5%

    untung banyak bukan?
    segera bergabung bersama kami
    tidak akan rugi!

    Segera Hubungi Customer Service Kami Melalui
    Whatsapp : +6282277104607

    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa


    BalasHapus

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran