Pages

Kamis, 09 Mei 2013

Abjad Funisia: Si Abjad Semitik Pembentuk Abjad-Abjad Lain

Funisia. Sekilas nama itu akan ada jika kita pada masa-masa sekolah dahulu memelajari tentang sejarah peradaban dunia kuno, terutama di kawasan dekat Yunani. Funisia merupakan nama yang mengacu pada sebuah bangsa yang berdiam di Lebanon. Bangsa ini bersama-sama dengan bangsa Yunani memainkan peran penting dalam pelayaran di sepanjang Laut Mediterania yang menjadi pemisah antara Timur Tengah, Eropa, dan Afrika Utara. Daerah jelajah bangsa ini pun sampai hingga ke Spanyol. Maka, tak mengherankan jika kemudian ditemukan bukti-bukti berupa penamaan tempat di beberapa negara yang pernah menjadi koloni bangsa ini. Salah satunya di Malaga, Spanyol. Nama Malaga berasal darikata Funisia Malaka. Bahkan, nama Hispania yang mengacu pada Spanyol berasal dari kata I-Saphan.

Setiap bangsa mempunyai bahasa. Karena seperti pepatah, bahasa merupakan teropong suatu bangsa. Begitu juga Funisia yang lekat dengan kehidupan maritim. Bahasa orang Funisia disebut dengan bahasa Funisia atau Dabarim Kana'nim. Bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa semitik kuno yang berasal dari sub-grup bahasa Kanaan yang mempunyai kedekatan dengan bahasa Ibrani. Funisia merupakan bahasa yang ditulis dalam bentuk abjad yang didasarkan pada naskah Proto-Kanaan.

Mengenai abjad Funisia, jika diperhatikan mempunyai kemiripan dengan abjad Yunani. Hal itu memang betul. Ini dikarenakan pada masa perdagangan masa lampau di Mediterania, orang-orang Yunani bergaul dengan orang-orang Funisia. Orang-orang Funisia lalu mengajarkan kepada orang-orang Yunani abjad-abjad mereka yang kemudian diadopsi dengan sedikit perubahan. Kemudian dari abjad Yunani atau Ελληνικό αλφάβητοElli̱nikó alfávi̱to dikembangkan menjadi abjad Silirik yang sekarang ramai dipakai di Rusia, Bulgaria, dan beberapa negara Eropa Timur. Dan dari Yunani pula, berkembang juga abjad Latin yang sebelumnya diambil dari abjad Italia Kuno. Jamak diketahui, abjad Latin inilah sekarang yang ramai dipakai sebagian besar bahasa di seluruh dunia.

Tak hanya berpengaruh terhadap abjad di Eropa, abjad Funisia juga mempunyai peranan penting terhadap pembentukan abjad-abjad lain terutama di Timur Tengah dan Asia. Bahasa Arab, yang disebut sebagai bahasa semitik dengan jumlah penutur terbesar, karena dituturkan dari kawasan Teluk Persia hingga Maghribi (Maroko) serta juga di negara-negara muslim, juga terpengaruh dari abjad ini melalui abjad Aramaik, bahasa minor yang digunakan beberapa negara di Timur Tengah seperti Lebanon, Suriah, Irak, dan Palestina. Dan abjad Arab ini kemudian menyebar hingga ke beberapa negara non-Arab yang kemudian negara-negara itu menggunakannya dalam abjad bahasa mereka seperti Persia, Urdu, Pasto, Jawi, dan lainnya. Dan diketahui juga, Funisia juga berpengaruh terhadap abjad Mongol dan Manchu melalui abjad Uyghur Kuno yang dikembangkan dari alfabet Sogdian melalui abjad Suryani.

Jadi, bisa dibilang abjad Funisia merupakan ibu semua abjad di seluruh dunia. Wajar, jika pada 2005 Unesco, salah satu badan PBB, memasukkannya sebagai warisan Lebanon yang masuk kategori Memory of the World Programme. Nah, di bawah ini merupakan tabel yang menunjukkan pengaruh dan persamaan antara Funisia dan abjad-abjad lainnya.

LetterUni.NameMeaningPh.Corresponding letter in
He.Sy.Ar.GreekLatinCyrillicArmenian
Aleph𐤀alfoxʾ [ʔ]אܐΑαAaАаԱա
Beth𐤁bethouse[b]בܒΒβBbБб, ВвԲբ
Gimel𐤂gamlcamel[ɡ]גܓΓγCcGgГг, ҐґԳգ
Daleth𐤃deltdoor[d]דܕدΔδDdДдԴդ
He𐤄hewindow[h]הܗھΕεEeЕе, Єє, ЭэԵե, Էէ
Waw𐤅wauhook[w]וܘ(Ϝϝ), ΥυFfUuVvYy,Ww(Ѵѵ), Уу, ЎўՎվ, Ււ
Zayin𐤆zenweapon[z]זܙذΖζZzЖж, ЗзԶզ
Heth𐤇hetwall [ħ]חܚحخΗηHhИи, ЙйՀհ
Teth𐤈tetwheel []טܛطΘθ(Ѳѳ)Թթ
Yodh𐤉yodhand[j]יܝيΙιIiJjІі, Її, ЈјՅյ, Իի
Kaph𐤊kafpalm (of a hand)[k]כךܟΚκKkКкԿկ
Lamedh𐤋lamdagoad[l]לܠΛλLlЛлԼլ
Mem𐤌memwaterm[m]מםܡΜμMmМмՄմ
Nun𐤍nunserpent, later whale[n]נןܢΝνNnНнՆն
Samekh𐤎semkafish[s]סܣ,ܤسΞξ, poss. Χχposs. Xx(Ѯѯ), poss.ХхԽխ
Ayin𐤏eyneyeʿ [ʕ]עܥعغΟο, ΩωOoОоՈո, Օօ
Pe𐤐peymouth[p]פףܦفΠπPpПпՊպ, Փփ
Sadek𐤑sadehunt[]צץܨصض,ظ(Ϻϻ)Цц, Чч, ЏџՉչ, Ճճ, Ցց, Ծծ, Ձձ,Ջջ
Qoph𐤒qofneedle head[q]קܩ(Ϙϙ), poss. Φφ,ΨψQq(Ҁҁ)Քք
Res𐤓roshhead[r]רܪΡρRrРрՐր, Ռռ
Sin𐤔shintoothš [ʃ]שܫشΣσςSsСс, Шш,ЩщՍս, Շշ
Taw𐤕taumark[t]תܬتثΤτTtТтՏտ

sumber: wikipedia


0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran