Pages

Rabu, 14 Maret 2018

Selain The Avengers, X-Men, Fantastic Four, dan The Guardians of The Galaxy, Inilah Grup Superhero Marvel Lainnya

Marvel adalah perusahaan komik pembuat superhero yang identik dengan grup superhero. Sebagaimana kita ketahui ada empat grup superhero yang terkenal, yaitu The Avengers, Fantastic Four, X-Men, dan The Guardian of The Galaxy. Masing-masing grup superhero ini tentu mempunyai ciri khas masing-masing, yaitu Fantastic Four yang merupakan grup superhero satu keluarga layaknya The Incredible, X-Men yang beranggota para mutan didikan Profesor X, The Avengers yang beranggota para superhero dedengkot Marvel seperti Captain America, Iron Man, Thor, dan Hulk, serta The Guardians of The Galaxy, grup superhero penjaga luar angkasa dan galaksi.


Namun selain keempat itu ada beberapa grup superhero lain milik Marvel yang jarang diketahui dan terdengar mengingat publikasinga dalam komik yang tidak begitu luas. Siapa saja mereka? Yuk mari simak!

Excalibur
Comic Vine

Excalibur adalah grup superhero Marvel asal Inggris. Diambil dari nama pedang keramat raja legenda Inggris, Arthur, Excalibur merupakan grup superhero spin-off dari X-Men. Beberapa anggotanya pernah menjadi organisasi mutan pro-manusia tersebut seperti Nightcrawler dan Phoenix yang memang menginisiasi pembentukan Excalibur. Grup superhero Inggris ini adalah produksi Marvel UK yang merupakan anak perusahaan dari Marvel. Di dalamnya terdapat Chris Calemont dan Allan Davis sebagai pencipta Excalibur. Grup ini muncul kali pertama pada 1988-1998 melalui Excalibur volume 1. Alasan penciptaan Excalibur dalam cerita adalah untuk menggantikan X-Men yang hancur akibat pembantaian mutan. Sisa-sisa anggota X-Men yang masih hidup inilah yang kemudian melarikan diri dan membentuk Excalibur. Dedengkot grup ini adalah Captain Britain yang mempunyai tugas melindungi Inggris. Ia mendapat kekuatannya dari Merlyn, yang dalam cerita merupakan mutan yang mempunyai kekuatan magis layaknya Merlin dalam legenda Raja Arthur. Excalibur diceritakan melakukan aksinya melalui lintas waktu dan paralel. Uniknya, dalam Excalibur terdapat Juggernaut, mutan kakak tiri Profesor X namun menjadi anak buah Magneto.

Alpha Flight
Marvel Database Fandom

Sebagai tetangga kulit putih di sebelah utara, Kanada juga mempunyai grup superhero bernama Alpha Flight. Grup ini diciptakan oleh Marvel melalui tangan Jhon Byrne, dan muncul kali pertama pada 1979 melalui seri komik X-Men. Sebelum kemudian dibuatkan seri tersendiri dari 1983 hingga 1994. Alpha Flight adalah grup superhero yang juga merepresentasikan superhero dari bangsa Inuit, bangsa di Kanada sebelum kedatangan orang-orang kulit putih melalui Snowbird yang punya kemampuan berubah wujud menjadi binatang. Selain Inuit, bangsa pertama lainnya di Kanada adalah Tsuu T'ina yang diwakili oleh kakak-adik, Shaman dan Talisman. Anggota lainnya, Marrina, merupakan anggota kehormatan The Avengers. Dalam cerita disebutkan bahwa Alpha Flight bekerja di Departemen H, sebuah departemen cabang dari Departemen Pertahanan Nasional, dan sering terlibat membantu anggota X-Men. Alpha Flight juga mempunyai subgrup, yaitu Gamma Flight, Beta Flight, dan Omega Flight.

Winter Guard
Marvel Database Fandom


Tidak hanya AS sebagai negara adidaya yang mempunyai grup superhero, Rusia juga punya. Grup superhero ini diciptakan dalam cerita sebagai reaksi Rusia atas keberadaan The Avengers. Mereka adalah Winter Guard. Anggotanya terdiri dari empat orang, yaitu Crimson Dynamo yang dipersepsi sebagai Iron Man versi Rusia, Red Guardian sebagai Captain America versi Rusia, Darkstar, wanita mutan yang ditugaskan membawa kembali Black Widow, dan Ursa Major yang berwujud beruang, yang ditampilkan sebagai penantang Hulk. Winter Guard merupakan para superhero Rusia yang sebelumnya tergabung dalam Soviet-Super Soliders, People Protectorate, dan Soviet Supreme. Cerita superhero ini layaknya Uni Soviet yang runtuh kemudian menjadi Winter Guard sebagai gambaran Rusia hingga sekarang. Pertama kali muncul pada Iron Man edisi Oktober 1998, Winter Guard yang diciptakan oleh Kurt Busiek dan Sean Chan adalah kumpulan superhero eks Soviet yang kemudian direvitalisasi oleh para anggota The Avengers. Sempat terlibat pertarungan melawan The Avengers, mereka kemudian kembali ke Rusia untuk melindungi Moskow dari serangan para monster.

Big Hero 6
Marvel.com

Marvel sebagai biangnya grup superhero dunia juga menciptakan grup yang berasal dari Jepang, yaitu Big Hero 6. Grup superhero ini diciptakan melalui tangan Steven T. Seagle dan Duncan Rouleau, dan muncul kali pertama pada September 1998 melalui Sunfire dan Big Hero 6 pertama. Salah satu anggota grup ini adalah Sunfire, mutan Jepang utama anggota X-Men, yang punya kemampuan memancarkan sinar plasma. Selain Sunfire, ada juga Silver Samurai yang pernah ditampilkan dalam film The Wolverine sebagai kaki tangan Viper. Diceritakan pembentukan Big Hero 6 atas keinginan pemerintah Jepang untuk membentuk tim superhero bagi negara yang kemudian mencari para pemuda-pemudi Jepang yang diidentifikasi sebagai mutan untuk bergabung dalam tim melalui bantuan Giri, sebuah perusahaan konsultan bisnis rahasia. Big Hero 6 juga ditampilkan sebagai judul film animasi produksi Walt Disney pada 2014 dengan para tokohnya adalah superhero tersebut.

Triumph Division
Comicscube.com

Grup superhero lainnya yang juga jarang diketahui orang adalah Triumph Division. Inilah adalah sekumpulan superhero yang berasal dari Filipina, sebuah negara Asia yang lekat dengan budaya Hispanik. Triumph Division diciptakan oleh Matt Fraction dan Salvador Larocca, serta muncul kali pertama pada 2008 melalui Invisible Iron Man. Dalam cerita disebutkan salah seorang anggota grup meninggal akibat diserang oleh agen Ezekile Stane yang menyamar menjadi biksu. Kejadian itu jelas menimbulkan simpati bagi Iron Man yang telah menjadi Direktur Shield untuk mengunjungi pemakaman sembari memberikan simpati. Dua minggu kemudian Iron Man berkunjung ke Triumph Hall, markas Triumph Division sembari melihat para anggota baru yang kebanyakan merupakan keturunan anggota yang lama. Yang berarti anggota Triumph Division mendapatkan kekuatannya secara turun-temurun, dengan penerusnya bisa lelaki atau perempuan seperti Red Feather, dedengkot grup ini. Superhero yang punya kemampuan terbang dan bergerak cepat ini dipegang oleh perempuan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran