Pages

Rabu, 21 Maret 2018

Spider-Man, Sang Manusia Laba-Laba Paling Ikonik dari Marvel

Ngomong-ngomong soal superhero Marvel, tentu saja yang paling ikonik dan terkenal itu adalah Spider-Man. Bagaimana tidak si superhero yang berkostum merah biru dan merayap serta melompat bergelantungan bak laba-laba itu ternyata sudah banyak wira-wiri dalam dua dekade belakangan di layar perak. Dimulai dari Spider-Man yang dibintangi oleh Tobey Maguire pada 2002 hingga Tom Holland pada Captain America: Civil War pada 2016 dan Spider-Man Homecoming setahun berikutnya. Dari kemunculan yang bukan dipegang Marvel dalam lisensi hingga 'pulang ke pelukan Marvel. Beragam gaya pemeran dan kostum semua mewarnai sang superhero remaja asal Queens, Manhattan,  New York ini.

Comic Book

Jadi, lupakan saja para  superhero Marvel yang lain seperti Iron Man, Captain America, Thor, dan Hulk, yang belakangan muncul dalam Marvel Universe. Toh, semua akan tetap lebih mengenal dan terpaku kepada si manusia laba-laba yang mempunyai alter ego bernama Peter Benjamin Parker atau populer disebut Peter Parker, seorang remaja yang sering terkena bully di lingkungan sekitarnya.

Spider-Man diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko pada Agustus 1962 dalam komik keluaran Marvel berjudul Amazing Fantasy. Pada awalnya, Stan Lee, sang kreator, seperti yang ia ceritakan kepada media mengatakan bahwa Spider-Man sebenarnya terinspirasi dari lalat yang menempel di dinding. Kala itu Stan Lee memang ingin menciptakan karakter superhero yang baru namun dari kalangan remaja dan bukan semacam sidekick atau superhero yang harus ditemani superhero senior sebagai mentor. Jadi, superhero remaja ini adalah superhero yang mandiri yang menghadapi dunianya dengan penuh tanggung jawab khas remaja.

Cinemapremiere.com.mx

Ketika melihat lalat itulah sang kreator mendapat inspirasi untuk menciptakan superhero dengan kekuatan serangga terutama yang bisa menempel di dinding. Setelah melakukan riset tentang serangga dipilihlah laba-laba sebagai cikal-bakal. Setelah itu dipilihlah nama-nama yang tepat untuk sang superhero. Mulai dari Crawl-Man, Mosquito-Man, Fly-man, dan Insect-Man. Namun karena nama-nama itu kurang cocok akhirnya dipilihlah nama Spider-Man yang melekat hingga sekarang. Pemilihan nama Spider-Man juga melalui pertimbangan sang kreator dengan Marvel, yang menyebut bahwa nama itu akan kurang disukai masyarakat mengingat banyak orang yang takut terhadap laba-laba. Akan tetapi ketakutan itu malah berubah menjadi keuntungan karena Spider-Man hingga kini tetap menjadi superhero nomor satu di Marvel.

The Hollywood Reporter

Spider-Man sendiri bercerita tentang seorang remaja yatim-piatu bernama Peter Parker yang tinggal bersama paman dan bibinya, Ben dan May. Suatu hari Peter yang lugu dan lemah itu digigit oleh seekor laba-laba. Anehnya, gigitan laba-laba itu tidak berdampak negatif terhadap dirinya namun ia merasakan suatu perubahan. Ia bisa bergerak cepat, meloncat, merayap, dan bahkan mengeluarkan jaring. Akan tetapi Peter belum sepenuhnya menyadari kekuatan yang ia punya sampai akhirnya meninggalnya Paman Ben dalam sebuah kecelakaan sedangkan dalam versi lain dibunuh membuat ia merasa punya tanggung jawab untuk melindungi warga di sekitarnya dari kejahatan. Semenjak itulah Peter menjadi seorang penyelamat dan pelindung bernama Spider-Man.

Sebagai seorang superhero remaja yang mandiri, tentu saja Spider-Man juga menjalin hubungan asmara dengan lawan jenis, dari Gwen Stacy hingga Mary Jane untuk versi komik yang berbeda. Bahkan juga dengan, Black Cat, sosok yang kerap membantu sang superhero dalam aksinya. Ini seperti mengingatkan pada Batman dan Catwoman. Musuh-musuh Spider-Man juga terbilang banyak seperti Lizard, Dr.Octopus, Kingpin, Electro, hingga yang fenomenal dan abadi, Venom, yang juga bakal dirilis film solonya pada Oktober 2018  setelah kemunculan di Spider-Man 3 (2007).

Dunia Games

Spider-Man sendiri sudah banyak dibuatkan dalam bentuk seri kartun dan film sebagai adaptasi dari komiknya. Yang menarik Spider-Man pun pernah dibuat dalam versi Jepang. Namanya Supaidaman. Diproduksi pada 1978 melalui kerja sama antara Marvel dan Toei. Spider-Man versi Jepang ini cukup unik karena dalam setiap aksinya ia mempunyai kendaraan tempur dan robot raksasa untuk melawan monster-monster yang menyerang bumi. Alur ceritanya juga berbeda dan unik. Dikisahkan Takuya Yamashiro, seorang putra seorang arkeolog terkenal, Dr. Hiroshi Yamashiro, diberikan kekuatan oleh Garia, salah seorang penduduk Planet Spider yang berhasil melarikan diri ke Bumi dari kejaran Profesor Monster dan Iron Cross Army. Dari kekuatan itulah Takuya menjadi Spider-Man atau Supaidaman yang dibuat dengan ala Jepang. Serial ini sendiri sebenarnya mendapat banyak kritik terutama dari para penggemar si manusia laba-laba. Akan tetapi Stan Lee malah menyukainya. Mungkin karena itu pula Supaidaman bersama robotnya, Leopardon, muncul di komik Amazing Spider-Man volume 12. Diceritakan dalam komik itu Supaidaman datang untuk membantu Peter Parker melawan musuh yang sulit dikalahkan. Supaidaman sendiri telah menjadi inspirasi untuk serial tokusatsu berikutnya memakai robot-robot raksasa.
Mycomicshop.com


Selain Peter Parker, alter ego Spider-Man ternyata ada delapan. Yaitu, Amadeus Cho, Miguel O'Hara, William Braddock, Joseph Wade, Hobart Brown, Pavitr Prabhakar, Ben Reilly, dan Miles Morales. Nama terakhir akan menjadi buah bibir bukan hanya karena ia adalah Spider-Man kulit hitam, melainkan juga ia akan diangkat ke layar lebar dengan judul Spider-Man: Into The Spider Verse yang akan rilis pada Desember 2018. Tentu saja kehadiran superhero kulit hitam itu seperti menyambung Black Panther.
CGTrader


Itulah mengenai Spider-Man, sang superhero Marvel yang begitu ikonik dan terkenal. Keberadaannya sebagai seorang superhero remaja yang punya permasalahan berbeda daripada superhero orang dewasa menyebabkan Spider-Man terus mendapatkan hati para penggemarnya selama 55 tahun keberadaannya. Tak peduli pemeran terus berganti begitu juga kostum yang dipakai seperti yang teranyar dalam bentuk Iron Spider pada The Avengers: Infinity War 27 April nanti.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran