Pages

Minggu, 02 Februari 2020

6 Negara Bagian AS dengan Penutur Spanyol Terbanyak

Britannica

Amerika Serikat adalah bekas negara jajahan Inggris. Karena itulah bahasanya juga bahasa Inggris, namun memiliki aksen yang agak berbeda dari bahasa Inggris di Britania dan Australia.

Tapi tahukah kamu? Selain bahasa Inggris, ternyata di Amerika Serikat juga ada bahasa Spanyol yang secara de facto menjadi bahasa kedua terbesar setelah Inggris.

Hal itu karena banyaknya penutur bahasa tersebut di beberapa wilayah di Negeri Paman Sam yang berbatasan darat langsung dengan Meksiko atau laut dengan Kuba.

Jumlah penuturnya sendiri ada di angka 40 juta orang lebih berdasarkan data dari US Census Bureau pada 2015.

Berikut ini adalah negara-negara bagian AS yang mayoritas warganya berbahasa Spanyol. Apa saja mereka? Yuk kita simak satu per satu!

Negara Bagian AS berpenutur Spanyol Terbanyak


Texas

Wikipedia

Negara bagian pertama yang penutur bahasa Spanyolnya paling banyak di AS adalah Texas. Tentu saja kamu tidak asing dengan nama yang satu ini.

Di Indonesia nama Texas kerap dikaitkan dengan serial Walker Texas Rangers yang pernah tayang pada decade 90-an di salah satu stasiun televisi swasta.

Selaij itu, nama Texas akrab dengan nama salah satu restoran waralaba yang menyajikan ayam tepung khas AS.

Terletak di sebelah selatan AS, dan berbatasan langsung dengan Meksiko di bawahnya membuat Texas menjadi salah satu negara bagian yang kental dengan budaya Hispanik atau Spanyol.

Jumlah penutur Spanyol di negara bagian ini adalah 29.5% atau sekitar 6 jutaan orang menuturkan rumpun bahasa Latin tersebut.

Jumlah ini menjadikan penutur Spanyol di Texas menjadi yang terbesar di AS. Tentu saja kebanyakan para penutur itu adalah orang-orang keturunan Meksiko, baik yang bertahan di Texas setelah Perang AS-Meksiko atau yang datang belakangan setelah Texas menjadi wilayah AS pada 1845.

Sekadar info, dalam sejarahnya, Texas yang luasnya 268.581 km2 ini dahulunya adalah wilayah Meksiko ketika negara tetangga itu mendapatkan pengakuan kemerdekaan pada 1821 dari Spanyol.

Tetapi kemudian AS merebutnya melalui perang karena kebijakan ekspansi wilayah setelah kemerdekaan pada 1776.

Negara bagian dengan populasi terpadat kedua di AS setelah California (28.995.881) itu terkenal dengan imej Texas Cowboy seperti yang diperagakan Chuck Norris dalam Walker Texas Ranger.

Beribu kota di Houston yang merupakan salah satu kota terbesar keempat di AS, Texas juga memainkan peranan penting dalam sejarah AS terutama setelah bergabung.

Negara bagian ini merupakan negara bagian dengan PDB terbesar kedua di AS. Dan, jangan lupa di Texas terdapat banyak sumur minyak yang mampu memproduksi minyak 4 jutaan barel per hari.

Boleh dibilang Texas adalah salah satu tulang punggung perekonomian AS, dan jika menjadi negara sendiri akan menjadi salah satu negara terbesar dalam perekonomian.


California

Wikipedia

Kalau nama Texas kamu tidak asing, begitu juga dengan nama California. Soalnya nama ini sendiri sering disebut-sebut dalam film, lagu, bahkan di Indonesia menjadi sebuah restoran waralaba.

Ya, California sendiri adalah salah satu Negara Bagian AS yang terletak di sebelah selatan negara tersebut.

Posisinya yang jika dilihat dari peta berbatasan langsung dengan Meksiko membuat wilayah ini kental dengan budaya Hispanik.

Apalagi nama-nama di negara bagian ini juga memakai nama yang berbau Spanyol seperti ibu kota yang bernama Sacramento.

Begitu juga dengan nama kota terbesarnya, Los Angeles, yang jika diartikan adalah tempat para malaikat.

Sebagai salah satu kota terbesar AS di bagian barat, Los Angeles yang juga mempunyai jaringan megapolitan yang bersaing dengan New York dan Chicago di sebelah timur.

Bahkan Los Angeles merupakan kota terbesar dan terpadat kedua di Negeri Paman Sam setelah New York.

Penutur bahasa Spanyol di negara bagian ini berjumlah 28.8% atau dituturkan oleh 9 jutaan orang lebih. Menjadikannya terbesar kedua di AS.

Awal mulanya California adalah sebuah wilayah milik Meksiko yang kemudian direbut AS pada Perang AS-Meksiko 1848.

Wilayah yang dahulunya bernama Alta California ini sebelumnya juga merupakan bagian dari Kekaisaran Spanyol sampai Meksiko mendapatkan pengakuan kemerdekaan pada 1821.

Wilayah seluas 163.696 km2 itu kemudian menjadi wilayah yang didatangi para pemukim dari Cina karena banyaknya emas yang ditemukan di sana.

Hal itulah yang kemudian menjadikan California sebagai wilayah dengan permukiman Cina terbesar di AS hingga hari ini.

California adalah negara bagian terkenal dengan Hollywood, Long Beach, Jembatan Golden Gate di San Fransisco, band-band pop dan rock seperti Linkin Park, Greenday, RHCP, serta Silicon Valley.

New Mexico

Wikipedia

Apa yang ada di pikiranmu kala mendengar nama New Mexico? Tentu saja kamu akan buta dengan nama tersebut karena tidak sepopuler Texas dan California.

Ya, bisa dibilang demikian. Dan kamu akan menyangka itu bagian dari Meksiko. Padahal, ini adalah salah satu negara bagian di AS yang juga terletak di sebelah selatan.

Apabila kita melihat pada peta letak negara bagian ini, kita akan menemukan bahwa letaknya ternyata juga berbatasan dengan Meksiko, dan membuatnya juga kental dengan budaya Hispanik.

Nama itu terlihat dari nama ibu kotanya yang bernama Santa Fe. Selain itu, arsitektur bangunannya juga mencirikan Hispanik.

Untuk jumlah penutur Spanyol di New Mexico adalah 28.0%, dan beberapa merupakan keturunan para kolonialis Spanyol yang datang ke wilayah itu pada pada abad 16, 17, dan 18.

Seperti halnya Texas dan California, New Mexico yang dahulunya bernama Nuevo Mexico ini adalah wilayah AS yang direbut dari Meksiko pada perang 1848.

Setelah berhasil direbut, New Mexico tidak langsung dulu bergabung melainkan diberi status inkorporasi sampai 1912.

Sama halnya dengan Texas, wilayah dengan luas 121.700 km2 ini juga mempunyai banyak ladang minyak dan gas alam untuk menunjang perekenomian AS.

Dan, yang perlu kamu tahu adalah di negara bagian ini, tepatnya di Los Alamos, bom atom yang dibuat untuk menghantam Hiroshima dan Nagasaki dibuat serta diuji coba di gurun pasir di antara Soccoro dan Alamogordo pada Juli 1945.

 Nevada

Wikimedia Commons

Nama Nevada bisa jadi juga asing bagimu. Tetapi kalau disebut nama Las Vegas pastinya kamu akan langsung mengetahui.

Ya, kota yang terkenal sebagai kota judi dan maksiat sedunia ini ternyata merupakan Ibu Kota Nevada, negara bagian yang dibangun di atas gurun pasir Mojave ini pada akhir abad ke-19.

Nevada adalah salah satu negara bagian dengan jumlah penutur bahasa Spanyol terbesar keempat di AS, yaitu 21,1%.

Letaknya yang bersempadan dengan California di sebelah barat dan Arizona di tenggara membuat negara bagian ini juga kental akan budaya Hispanik.

Nevada awalnya adalah bagian dari Negara Bagian Utah, dan sebelumnya juga bersama dengan Calfornia masuk Alta California ketika masih menjadi wilayah Meksiko.

AS pun mendapatkan Nevada dengan cara kekerasan, berperang melawan Meksiko. Pada 1864 Nevada menjadi negara bagian ke-36.

Tentu saja negara bagian ini menggantungkan pendapatannya pada Las Vegas yang mahsyur sejak abad ke-19.

Meskipun begitu, pendapatan ekonomi terbesar negara bagian ini justru datang dari tambang emas yang menyumbang PDB cukup banyak untuk AS.

Florida

Wikipedia

Nama negara bagian ini tentu saja sebenarnya cukup akrab di telinga kamu kalau dikaitkan dengan nama seperti Ariana Grande, Camilla Cabello, Andy Garcia, dan Gloria Estefan.

Itulah nama-nama pesohor Hollywood yang berasal dari Florida, sebuah negara bagian di AS yang terletak di pantai timur AS.

Florida juga merupakan negara bagian dengan jumlah penutur Spanyol terbanyak, yaitu 20.9%, dan kebanyakan berada di Miami, metropolitan terbesar di sana.

Tidak seperti negara-negara bagian AS lainnya yang mempunyai penutur Spanyol karena sebagian besar warganya dari Meksiko, Florida justru mendapatkannya dari Kuba, negara tetangga AS yang dipisahkan oleh laut.

Keberadaan mereka di Florida seturut dengan dikuasainya Kuba oleh AS pada akhir abad ke-19 setelah perang kemerdekaan Kuba melawan Spanyol.

Hal itu kemudian berlanjut dengan eksodus besar-besaran warga Kuba pada masa Perang Dingin terutama ketika Kuba diperintah oleh Fidel Castro.

Namun sebelum peristiwa-peristiwa itu, Florida sejatinya memang sudah berbau Spanyol kala ditemukan oleh Juan Ponce de Leon pada 1513.

Sang penjelajah asal Spanyol itu kemudian menamakan Florida yang artinya dataran yang penuh bunga.

Selanjutnya, Florida menjadi bagian dari Spanyol, dan sempat diambil alih Inggris pada 1763 hingga 1783.

Florida sempat kembali menjadi wilayah Spanyol hingga 1821, dan negara Eropa itu menyerahkannya ke AS. Pada 1845, Florida menjadi negara bagian ke-27.

Meski sudah menjadi wilayah AS, kespanyolan Florida juga masih terlihat jelas dari bendera Dinasti Burgundi, salah satu dinasti penguasa di Spanyol pada abad Penjelajahan Dunia Baru, yang dijadikan sebagai bendera negara bagian.

Arizona

All Flags World

Nah, negara bagian terakhir di AS yang jumlah penutur Spanyolnya terbesar adalah Arizona. Jumlah penuturnya ada 1.2 jutaan atau 20.4%.

Negara bagian ini letaknya bertetangga dengan California di sebelah barat, serta Meksiko di selatan, dengan luas 113.900 km2.

Ibu kota negara bagian ini adalah Phoenix, yang juga merupakan kota terbesar. Tentunya Arizona adalah wilayah Hispanik di AS yang menjadi wilayah AS setelah Perang AS-Meksiko pada 1848.

Itu berarti wilayah ini seperti Texas, California, Nevada, dan New Mexico, merupakan bagian dari Meksiko setelah pengakuan kemerdekaan dari Spanyol pada 1821 dalam Provinsi Alta California.

Di wilayah yang terkenal akan Grand Canyonnya inilah nama Geronimo, seorang pimpinan suku Indian Apache mencuat karena kisahnya yang melawan pendudukan AS pada abad ke-19.

Yang juga perlu kamu ketahui adalah Arizona adalah tempat penahanan warga AS keturunan Jepang pada Perang Dunia Kedua setelah penyerangan Jepang ke Pearl Harbour, 1941.

Ironisnya, pada penyerangan itu, Arizona juga menjadi nama sebuah kapal perang Angkatan Laut AS yang tenggelam, dan sekarang dijadikan sebagai monumen peringatan di Pearl Harbour.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Statistik

Terjemahan

Wikipedia

Hasil penelusuran